Sabtu, 16 Maret 2024

HIDUP: DATANG SEPOTONG DEMI SEPOTONG

Oleh: Join Kristian Zendrato

Pernah nonton film action atau perang produksi Hollywood? Apapun filmnya, kita sering melihat segala sesuatu terbalik pada akhirnya. Yang awalnya menangis, di akhir bahagia. Yang awalnya diremehkan, di akhir menjadi pahlawan. Kadang-kadang kita kaget ketika melihat akhirnya. Endingnya kadang "out of our mind."

Kehidupan yang kita jalani juga demikian, kita kadang kaget dengan segala sesuatu yang kita alami. Itulah hidup. Tak bisa ditebak. Dan kadang-kadang semua bisa terjadi berbeda dari apa yang kita harapkan.

Hidup itu seperti film yang endingnya bisa terbalik. Seperti film, apa yang kita lihat saat ini belum tentu akhirnya. Bisa saja ini baru menit pertama dalam sebuah film.

Kita baru melihat sebuah potongan. Dan kita tidak boleh menyimpulkan segala sesuatu berdasarkan satu potongan itu. Hari ini hidup menampilkan satu potongan, dan besok potongan yang lain. Potongan selanjutnya tak ada yang tau. Itulah sebabnya Amsal kuno berkata, "Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu" (Amsal 27:1).

Hidup itu datang sepotong demi sepotong. Hari ini mungkin kelihatan menang, dipuja, disanjung, ditinggikan, bahagia. Tapi ingatlah, itu hanya potongan kecil dari seluruh rangkaian kehidupan. Itu belum akhirnya.

Demikian juga, hari ini mungkin direndahkan, tak diacuhkan, tak dihargai, kalah, dan sebagainya. Tapi ingatlah juga, ini baru sepotong cerita kehidupan.

Semua bisa terbalik pada akhirnya. Seperti film-film Hollywood.

Selamat menikmati hidup yang datang sepotong demi sepotong. Selamat menikmati hari-hari yang menakjubkan, dan kadang penuh misteri.

Hanya Allah Tritunggal yang tahu akhir dari segala sesuatu, sedangkan kita - untuk hari ini - hanya mengetahui sepotong cerita kehidupan kita.

Selamat sore. Jangan lupa minum air putih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOKTRIN PREDESTINASI REFORMED (CALVINISME)

Oleh: Join Kristian Zendrato A. PENDAHULUAN Dalam tulisan singkat ini, saya akan membahas doktrin predestinasi yang merupakan sala...