Minggu, 10 Maret 2024

SALAH SATU CONTOH ARGUMENTASI BUNUH DIRI

Oleh: Join Kristian Zendrato.

Saya pernah debat kecil-kecilan terhadap seseorang bernama Dama Laia di salah satu kolom komentar di status seseorang tentang Penebusan Terbatas (Limited Atonement).

Berikut cuplikan debat singkat itu, dan anda akan melihat bahwa argumen yang diusung oleh orang ini adalah argumen yang persis menentang dirinya sendiri. Selamat menyimak!

Dama Laia: Kenapa penebusan harus terbatas?

Join Cr: Astaga dek. Gini yah. Apakah anda percaya bahwa kematian Yesus itu bersifat menggantikan dalam arti bahwa Dia memikul SELURUH hukuman dosa? Gak usah lari kemana-mana. Jawab ini dulu.

Dama Laia: Dia mengganti dosa seluruh isi dunia ini. 1 Yoh 2:2. Barangsiapa yang PERCAYA akan diselamatkan Yoh 3:16.

Join Cr: Oke kamu percaya Dia menanggung seluruh dosa manusia ya. Sekarang kalau Dia telah melakukan itu, kenapa masih ada yang masuk neraka? Bukankah semua hukuman dosa manusia telah ditanggung Yesus?

Dama Laia: Makanya baca baik-baik tulisan saya. Saya percaya bahwa Yesus mati untuk seluruh isi dunia, 1 Yoh 2:2 tapi bagi mereka yang menerima atau Percaya akan diselamatkan Yoh 3:16, Rom 10:9. Mengapa semuanya tidak masuk sorga? Jawabannya : karena mereka tidak merespon kasih karunia Allah.

Join Cr: Oke. Sabar. Jadi mereka masuk neraka karna gak percaya [tidak merespon kasih karunia Allah]? Oke. Apakah "ketidakpercayaan" itu dosa? Jawab yah.

Dama Laia: Pasti. Manusia masuk neraka bukan karena Tuhan tapi karena manusia itu sendiri tidak mau menerima tawaran Keselamatan dari Tuhan.

Join Cr: Oke berarti "ketidakpercayaan" itu dosa. Oke. Bukankah Yesus mati untuk semua dosa? Dan jika ketidakpercayaan adalah dosa, bukankah Yesus juga menebus dosa yang satu itu? Lalu kok tau-taunya masih tidak percaya? Gimana tuh Dama Laia?

Catatan: Anda bisa melihat bahwa orang ini gak ngerti apa-apa. Dan argumennya menabrak dirinya sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOKTRIN PREDESTINASI REFORMED (CALVINISME)

Oleh: Join Kristian Zendrato A. PENDAHULUAN Dalam tulisan singkat ini, saya akan membahas doktrin predestinasi yang merupakan sala...